Sunday 1 June 2008

Phoenix Sukses Mendarat di Mars


PASADENA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan sebuah sinyal radio telah ditangkap dari wahana luar angkasa the Phoenix yang berada di permukaan Mars.

The Phoenix Mars Lander merupakan upaya penyelidikan yang terkini yang dilakukan untuk mempelajari apakah ada unsur-unsur penopang kehidupan di Planet Merah itu, dan untuk mempersiapkan penjelajahan di sana. Dalam pengumpulan bukti, Phoenix akan melakukan penggalian lapisan beku selama 90 hari.

Kurang dari dua jam setelah pendaratan, Phoenix Mars Lander mengirimkan empat lusin gambar hitam-putih. "Sangat indah," kata Dan McCleese, kepala ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory milik NASA, dikutip Associated Press, Senin (26/5/2008).

Tepuk tangan dan teriakan membahana di pusat pengendali NASA di Pasadena, Amerika Serikat, saat sinyal dari Phoenix terdeteksi setelah kaki-kaki wahana itu turun. Para insinyur dan ilmuwan saling berpelukan satu sama lain.

Wahana luar angkasa tak berawak Phoenix diluncurkan sembilan bulan lalu oleh NASA. Selama ini sebanyak 55% upaya pendaratan di Mars selalu menemui kegagalan. Phoenix adalah wahana buatan manusia pertama yang mencoba mendarat di Mars dalam 32 tahun terakhir. Jarak yang ditempuh Phoenix adalah sejauh 680 juta kilometer. (Okezone dot kom)

No comments: